18 Juli, 2011

Bagi masyarakat Wakatobi Sulawesi Tenggara yang sedang giat-giatnya mengembangkan rumput laut sebagai komoditi andalan



Oleh : Laode Arumahi

Entah ini kabar baik atau buruk bagi masyarakat Wakatobi Sulawesi Tenggara yang sedang giat-giatnya mengembangkan rumput laut sebagai komoditi andalan. Sebab, Kementerian Kelautan dan Perikanan melarang ekspor rumput laut mentah mulai 1 Januari 2012. "Kalau kami tidak melakukan pelarangan, industri rumput laut dalam negeri tidak akan bisa berkembang," kata Direktur Jenderal Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan Victor P.H. Nikijuluw di Makassar kemarin. Kawasan timur Indonesia sebagai sentra penghasil rumput laut di Indonesia. Ini akan membuat kawasan timur Indonesia menjadi pusat industri rumput laut. Bahkan kawasan Indonesia ini menyumbang 80 persen dari total kebutuhan rumput laut nasional.

Meski Indonesia telah memasuki era perdagangan bebas, namun kebijakan negara selalu melakukan proteksi di dalam negeri terutama komoditi rakyat yang akan di ekspor. Disisi lain, komoditi impor termasuk rumput laut dari lain diberikan kebebasan masuk ke kawasan local dengan harga lebih murah. Akibatnya, industry akan memilih bahan baku impor ketimbang bahan baku local yang relative mahal karena biaya produksi yang tinggi., tabe untuk direnungkan.

July 1 at 9:56am




Dandi Perawan Yandri
mw dijual kemana z yg penting harganya mantap
July 1 at 9:59am

Zubair Djocham Wakatobi Threefivefour
pemerintah seharusnya memeikirkan rakyatnya..meskipun negara bisa bekembang tapi kalau rakyatnya sengsara berarti sama saja namanya bohong dan pemerintah belum bisa mensejahterkan rakyatnya..seharusnya pelarangan itu tidak dilakukan karena kalau dilakukan pelar4angan itu maka akan berdampak negatif pada rakyat dan namapemerintah juga akan rusak dimata rakyat..bukannya seperti itu??
July 1 at 10:08am


Muhammad Ilham Nur
Numpang tanya.. kita gencar2 membahas Industri komoditi rumput laut adan apa segala macamnya... apa sih manfaat dari rumput laut ?? saya sendiri belum tau apa manfaatnya itu rumput laut apa untuk dimakan begitu saja ato begimana, sehingga biar kita katro2 tetapi kita tau juga manfaat rumput laut itu untuk apa... jangan sampe kita yang rakyat pekerja ini taunya untuk menjual terus tetapi tidak tau manfaatnya..
Takutnya nanti cuman akal2an saja untuk mengalihkan perhatian masyarakat dari industri pariwisata ke industri rumput laut tersebut yang memang bukan kapasitasnya...
July 1 at 12:12pm

Muhammad Ilham Nur
dan besoknya industri apa lagi?.. dan semua tidak jadi2.. hanya dimanfaatkan sekelompok pengusaha saja yang menjadikan masyarakat sebagai buruh yang sudah menjadi kebanggaan kita karena untuk mengurangi tingkat Pengangguran dan tidak meningkatkan kesejahteraan...
July 1 at 12:18pm


Zubair Djocham Wakatobi Threefivefour
manfaat rumput laut itu adalah selain makanan yang bergizi,rumput laut juga adalah makananan yang ANTI KANKER, ANTIOKSIDAN, MENCEGAH KARDIOSVAKULAR/MENYERAP KELEBIHAN GARAM YANG ADA DALAM TUBUH AN JUGA SEBAGAI MAKANAN DIET..
July 1 at 12:26pm

Muhammad Ilham Nur
luar biasa ternyata manfaat dari runput laut tersebut... seandainya dimanfaatkan sebaik2nya industri tersebut...
July 1 at 12:39pm

Tar Yono
Minta data hasil produksi per setiap panen dan mhn info bantuan modal dari bank gmn,kebetulan sy paham betul urusan perbankan sehubungan dgn kegiatan yg baik spt itu.Sy jg di sini byk membina UMKM dari sisi permodalan.
July 2 at 3:58am

Jumiadin Abas Wahh,,,,, info menarik,,,,,!!!!
Tapi kenapa jg kemarin wkt pertemuan dgn Kementrian KP & Bapenas ttg Pengembangan Ekonomi Lokal dan Daerah tdk dsinggung jg ya,,,,, (maaf aku lupa pa siapa yg dari KKP),,,,,
July 2 at 8:35am

Tar Yono
Sy tidak bicara program tp sy lbh melirik UMKM yg katanya satu2nya sektor yg tahan banting saat krisis moneter sekalipun.Tp sy ingin fokus bila kendala UMKM itu hy pd sektor marketable atau bankable.
July 2 at 8:44am

Tar Yono
MIN>>rumput laut jg bs jd snack bagi dunia penerbangan.....
July 2 at 8:49am

Azzahra Azra
Ahahaa, menarik..tp rumput laut itu yg dh jadix kyk apa? Atau produk jadix sperti apa? Sy br tau klu itu bs dmakan . .
July 2 at 9:32am

Jumiadin Abas
Rumput Laut meskipun dia lembe; tp dia ternyata bisa untuk obat kuat ..... Silakan mencoba !!!
July 2 at 9:37am

Zubair Djocham Wakatobi Threefivefour
rumput laut selain untuk mkanan juga sbgai gizi yang brmanfaat seprti ANTIOKSIDA, ANTIKANKER, MENCEGAH KA RSDI
July 2 at 9:38am


Zubair Djocham Wakatobi Threefivefour
MENCEGAH KARDIOVASKULAR/ MENYERAP KELEBIHAN GARAM PADA TUBUH DAN KLO MAU DIET MAKAN RUMPUT LAUT..ITULAH MANFAATNYA..
July 2 at 9:40am

0 komentar:

Kawanku

STTA TPC '06

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More