25 Januari, 2009

WRIGHT BERSAUDARA ( 1903 )

Wilbur dan Orville Wright, dua bersaudara, Mereka membuat pesawat terbang bermesin yang pertama di dunia di Katty Hwak, North Carolina, Amerika Serikat ( pada 17 Desember 1903 ). Pantai Katty hawk adalah sebuah jazirah kecil bergunung pasir, merupakan tempat yang cocok untuk bereksperimen.
Orville menerbangkan pesawat pertamanya setinggi 120 feet selama 12 detik. Mereka mereka mengadakan beberapa pecobaan lagi dan yang terlama diterbangkan oleh Wilber yaitu setinggi 852 feet selama 59 detik.
Pada tahun 1893 Wright bersaudara membuka perusahaan sepeda untuk hidupnya, mereka membuat, menjual, dan memperbaiki sepeda.
Pada tahun 1896 setelah membaca tentang Kepeloporan dan Kematian Otto Lilienthal mereka tertarik untuk menekuni dunia penerbangan. Pada tahun 1899 mereka mulai serius membaca buku-buku, termasuk buku karangan Otto Lilienthal. Dan mereka mengadakan percobaan-percobaan . mula-mula menggunakan layang-layang berbentuk biplane selebar 5 kaki. Tahun berikutnya mereka ke Katty hawk (North Carolina) dan mengembangkan glider berpenumpang satu orang.

Pada tahun 1901 Mereka Kembali Ke Katty Hwak dengan membawa glider yang lebih besar. (16 FT) dan Mendemonstrasikan bahwa mereka dapat mengontrol side wise balance dengan merubah sudut depan sayap kiri dan kanan, dan Glider tersebut mempunyai lifting power.
Mereka membangun Terowongan Angin ( 6 FT) dan mengadakan eksperimen-eksperimen dengan sayap-sayap model dan berhasil membuat table Tekanan udara untuk kemudian dipergunakan untuk mendesain mesin pesawat terbang. Pada akhir 1909 mereka mendirikan The Wright Company, sebuah pabrik pesawat terbang dan membuat pameran pesawat terbang Di Amerika Serikat.

0 komentar:

Kawanku

STTA TPC '06

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More