25 Januari, 2009

ZAMAN PERINTIS BALON UDARA

MONTGOLFIER BERSAUDARA (1783)

Dua orang bangsa prancis kakak beradik Jacques Etienne dan Joseph Michel Montgolfier adalah pemilik sebuah pabrik kertas di Annonay dekat kota Lyon di kemudian hari tempat ini dapat dianggap sebagai tempat lahirnya pesawat terbang.
Mula-mula ia memperhatikan mengapa asap yang mengepul dan sobek-sobekan kertas yang telah menjadi abu bisa naik keatas melalui cerobong asap.
Keduanya mengadakan percobaan, dengan saku kain yang lubangnya di sebelah bawah dan bagan bawahnya dipanasi dengan api, ternyata karena udara panas mengembang dan menjadi ringan dan dapat membuat kantong naik hingga menyentuh langit-langit. Setelah dingin udaranya kantong turun lagi.
Kemudian mengadakan percobaan lain, diadakan di luar dengan kantong yang lebih besar, kantong itu naik hingga 200 meter.
Pada bulan September 1783 diadakan percobaan lagi dengan balon yang volumenya 631,36 m3.
Balon membawa serta keranjang berisi seekor kambing, seekor bebek dan seekor ayam. Balonnya naik lebih dari 1600 m. Hal ini juga membuktikan di atmosfir tinggi, kehidupan dapat dipertahankan.

PILATRE DE ROZIER

Pilatre De Rozier adalah seorang ilmuan prancis mencoba membuktikan bahwa manusiapun bisa hidup di udara tinggi. Pada salah satu percobaannya ia menyertakan seorang penumpang Giraud De Villete yang kemudian menulis Ke sebuah Majalah di Paris bahwa balon udara sangat bermanfaat untuk mengintai kedudukan musuh.
BLANCHARD

Jean Pietre Blanchard (1785) adalah suami istri pengemudi yang termashur dan sering mengadakan demonstarsi kemana-mana. Prestasinya yang terkenal adalah sebagai manusia pertama yang melintasi selat kanal melalui udara. Ia bersama DT Jeffries (7 Januari 1785) naik dari Dover di Inggris pada jam 1 siang (13.00) menyebrangi selat Inggris dan mendarat di Calais Perancis 2 jam kemudian.

0 komentar:

Kawanku

STTA TPC '06

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More